Sabtu, 08 Juni 2013

Belajar Mengenal Struktur Dasar Template Blog

PanduanTop - Sebelum kita akan mengedit suatu HTML blog atau merancang sebuah pengkodean template web/blog, ada bagusnya apabila kita mengenal terlebih dahulu dalam struktur atau bagian-bagian dasar template. dan perlu sobat ketahui bahwa setiap struktur HTML template yang ada pada blog tidak semuanya sama. dengan kita mengenal dasar dari struktur template diharapkan sobat dapat lebih faham, setidaknya sobat tahu dasar struktur dari template blog. dan berikut penjelasan ala gaptek32 hasil search google.

Bagian dari struktur template blog pada umumnya terdiri dari Header, Post, Sidebar dan Footer.

Mengenal struktur dasar template blog

Kesimpulan dan penjelasan (untuk mempermudah dalam penjelasan dapat sobat lihat gambar yang ada diatas) :

Body :
Body tersebut yakni blok untuk menampung yang ada pada seluruh layar komputer, karena body ini yang menampung seluruh konten dari blog atau website.

Outer-wrapper :
Outer wrapper ini adalah bagian blok dari batas luar template atau yang melingkupi template. dapat sobat lihat Outer wrapper pada gambat diatas yang berwarna pink/merah jambu, jadi kebanyakan pada umumnya outer wrapper ini sebagai wadah header, sidebar, main-wrapper dan juga footer.

Header :
Nah yang ini pasti sobat udah pada tahu kan, karena kebanyakan para blogger sangat gemar mengedit sebuah Headernya agar terlihat lebih cantik. Betul sekali sob, Header ini blok yang berada dibagian paling atas dan Biasanya header ditempati oleh judul, deskripsi, logo dan lain-lain.

Sidebar :
Blok sidebar adalah kotak yang berada di kanan dan kiri atau berada di salah satunya main-wrapper/post. dan biasanya Block ini digunakan sebagai wadah widget/gadget blog atau aksesoris misalnya About me, Link list, gambar slide, Javascript etc.

Main :
Didalam Main-wrapper terdapat blok Post, blok Comment, Date Header, dan bagian lain yang dapat dibuat dari opsi Add Page Element.
Post :
dalam blok ini menampung seperti Judul Post, Post konten, kotak komentar dan juga keterangan lainnya mengenai artikel atau posting blog.
Footer :
Blok ini adalah bagian bawah dari template. Seperti di Header, dibutuhkan juga Footer-wrapper yang berisi bagian-bagian dari footer. biasanya footer ini ditempati sebuah tautan dan juga teks keterangan hak cipta
Untuk mempelajari Tag HTML bagian body silahkan buka link [ini] untuk pembelajaran lebih lanjut mengenai Struktur dasar kode body.
 
Sumber: http://gaptek32.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Artikel Disarankan

Statistik

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Text Back Links Exchanges
Flag Counter

Copyright © 2012. Panduan Top - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz