Sabtu, 01 Juni 2013

Cara Mengatur Urutan Pencetakan Dokumen di MS-Word

Secara default, jika anda mencetak sebuah dokumen dengan 4 halaman di dalamnya, maka halaman akan dicetak dengan urutan 1,2,3,4. Dan jika anda memperbanyak jumlah Copies sewaktu anda mencetak, maka urutannya adalah halaman 1,2,3,4 berikut 1,2,3,4. Nah, ada opsi lain untuk memberitahu printer bagaimana dia harus mencetak halaman yang ada di dokumen anda.

Opsi itu adalah Collate dan Uncollated.

Apabila anda memiliki sebuah dokumen dengan sejumlah halaman dan anda mencoba untuk mencetaknya, pernahkah anda memperhatikan urutan pencetakan dokumen per halamannya? Mungkin pola pencetakan
tidak akan terlihat jika anda hanya mencetak dokumen anda sekali saja.
Opsi yang umum digunakan adalah Collate: halaman tercetak dengan urutan 1,2,3,4 lalu 1,2,3,4 lalu 1,2,3,4 dst. Untuk opsi Uncollate: halaman tercetak dengan urutan 1,1,1,1 lalu 2,2,2,2 lalu 3,3,3,3 dst.

Mudahnya, jika opsi Collate mencetak halaman 1 sampai halaman terakhir terlebih dahulu lalu mengulang kembali ke halaman 1 hingga halaman terakhir; opsi Uncollate mencetak halaman 1 sebanyak jumlah copies yang anda inginkan, lalu halaman 2 sebanyak jumlah copies yang anda masukkan, begitu seterusnya.

Opsi ini mungkin bukanlah opsi yang penting untuk anda gunakan dalam mencetak dokumen anda sehari-hari, namun tip ini bisa jadi berguna bagi anda jika anda ingin mengelompokkan halaman-halaman yang anda miliki dalam satu tumpukan, dalam sekali cetak. Semoga bermanfaat bagi anda!

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Artikel Disarankan

Statistik

Google+ Followers

Copyright © 2012. Panduan Top - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz