Sabtu, 01 Juni 2013

Mengenal Lembar Kerja Photoshop

Mengenal Area Kerja Ps
PanduanTop - Software yang satu ini memang hebat untuk urusan editing Photo dan siapa yang tidak kenal dengan Photoshop. Software ini menjadi wajib untuk dunia desain grafis selain Corel atau yang lain.

 Jika sobat termasuk pemula yang ingin belajar photoshop sebaiknya pelajari atau mengenal lembar atau area kerja photoshop dulu agar lebih mudah untuk belajar lebih jauh. Jangan sampai sobat mampu menjalankan software ini tapi tidak mengerti akan arti atau maksud dalam tiap menu photoshop.

Berikut lembar kerja photoshop yang sebaiknya sobat kenali lebih dulu.


Mengenal Lembar Kerja Photoshop - Window









MENGENAL DAN MEMAHAMI AREA KERJA PHOTOSHOP
Jalankan Adobe Photoshop kemudian pilih menu File -> Open. Kemudian pilih buka gambar apa saja.
Seringkali letak tool-tool (palette) Adobe Photoshop sudah berubah dimodifikasi oleh pengguna sebelumnya. Untuk mengembalikan letak palette ini gunakan menu Windows -> Workspace -> Reset Palette Location.

Area kerja Adobe Photoshop
  1.  Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.
  2. Option, berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.
  3.  Gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit.
  4.  Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan.
  5.  Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.
  6.  Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.
Dalam menu bar terdapat beberapa perintah pada apa yang sedang kita edit atau kerjakan. Menu yang terdapat pada adobe photoshop cs3 adalah sebagai berikut:
  • File: menyimpan file, membuka file, export file, import file, cetak file, page setup dan sebagainya yang memiliki fungsi tersendiri.
  • Edit: berisi semua yang berhubungan dengan editing seperti, cut, copy, paste, undo, step forward, step back ward, keyboard shortcut, transform, dll.
  • Image: kumpulan menu yang berfungsi sebagai mengatur gambar, seperti warna, size dokumen dan image,dll. Beberapa pilihan juga memiliki sub menu yang fungsinya berbeda-beda.
  • Layer: kumpulan menu yang berhubungan dengan layer pada gambar yang berfungsi sebagai mengatur layer, seperti menambah layer, menghapus layer, membuat masking, dll.
  • Select: semua yang berhubungan dengan menyeleksi gambar, seperti menghapus seleksi, seleksi ulang, dll.
  • Filter: berisikan menu-menu efek yang akan kita berikan pada objek yang sedang kita edit. Pilihan efek disini cukup banyak jadi anda bias coba-coba semua efek tersebut. Kita juga bisa mengkombinasikan satu efek dengan efek yang lainya.
  • View: digunakan untuk mengatur pandangan kita juga biasa mengatur jenis tampilan dokumen window seperti, snap, show, dll.
  • Window: di gunakan untuk menampilkan window kerja seperti menampilkan arrange, workspace,dll.
  • Help: berisi tentang semua bantuan-bantuan yang telah di sediakan oleh adobe photoshop cs3, sayangnya dalam bantuan tersebut menggunakan bahasa inggris, jadi bagi anda yang tidak paham dengan bahasa inggris biasa Tanya ke MBAH GOOGLE
  • Pallete: pallete sangat berguna pada saat kita melakukan editing, dengan pallete kita menggunakan beberapa menu pilihan tanpa harus melalui menu bar, misalnya pada pallete layer, gambar yang di edit lebih dari satu layer, setiap layer bias di format sendiri-sendiri, atau setiap layer memiliki efek bebeda. Dan susunan layer dapat di atur sesuai kebutuhan kita, pallete dalam adobe photoshop cs3 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.
  • Collapse icon: fungsi collapse to icon adalh menyembunykan pallete yang sedang aktif menjadi sebuah icon, sehingga kita irit tempat dalam melakukan pengeditan.
  • Expand dock: fungsi expand dock adalah kebalikan dari collapse to icon, yaitu memunculkan pallete dalam tampilan sempurna, yang dapat memudahkan kita dalam pengeditan.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Artikel Disarankan

Statistik

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Text Back Links Exchanges
Flag Counter

Copyright © 2012. Panduan Top - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz