Selasa, 06 Agustus 2013

Cara Praktis Membuat Sitemap atau Daftar Isi Blog

PT - Cara Praktis Membuat Sitemap atau Daftar Isi Blog - Fungsi sitemap adalah untuk memudahkan pengunjung menelusuri keseluruhan konten yang ada dalam blog Anda secara muda. Selain itu, sitemap juga akan terbaca oleh spider search engine sehingga peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak akan semakin terbuka. Membuat sitemap merupakan salah satu syarat wajib untuk mengoptimasi blog. Setiap blog diharuskan untuk memiliki sitemap sebagai upaya untuk memaksimalkan hasil SEO on-page.

Cara membuat sitemap sebenarnya cukup beragam. Jika Anda menggunakan blog platfotm Blogger/Blogspot, sebagian besar sitemap dibuat dengan menggunakan kode Javascript. Membuat sitemap menggunakan Javascript memang lebih mudah dan cepat. Dan jika Anda pengguna platform Wordpress (self hosted), maka Anda cukup menggunakan plugin untuk membuat sebuah daftar isi/sitemap.

Berikut ini adalah cara membuat sitemap untuk blog Blogger/Blogspot menggunakan kode Javascript.


Silakan copy kode berikut 
<div align="center"> <b><u>DAFTAR ISI</u></b></div> <div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on"> <div style="border: 1px dashed #none; height: 700px; overflow: scroll; width: 455px;"> <script src="http://yourjavascript.com/76501835112/sitemap.js"> </script> <script src="AlamatBlogAnda/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"> </script></div> </div>
Kemudian, silakan masuk ke Dashboard Blogger.
cara membuat sitemap blog - exnim.com
Perhatikan gambar diatas. Klik tab/menu Pages atau Laman jika Anda menggunakan bahasa Indonesia.

cara membuat daftar isi blog - exnim.com
Perhatikan gambar diatas. Silakan klik menu New page lalu pilih Blank page sehingga akan muncul jendela editor seperti gambar dibawah.

cara membuat sitemap blogspot - exnim.com
Paste kode Javascript yang sudah Anda copy tadi kedalam kolom editor. Ingat, Anda harus memilih mode HTML (bukan Compose). Silakan preview terlebih dulu untuk memastikan sitemap tersebut sudah terlihat secara sempurna. Dan jika sudah tidak ada lagi yang perlu dirubah, silakan klik tombol Publish/Terbitkan.
Note :
  • Ganti teks AlamatBlogAnda dengan alamat/URL blog Anda. Contoh : http://www.exnim.com
  • width: 455px; adalah lebar dari laman sitemap, jika Anda ingin berukuran lebih lebar silakan ganti.
  • height: 700px; adalah tinggi laman sitemap

Contoh tampilan sitemap diatas adalah seperti gambar dibawah ini

cara membuat sitemap blog dengan Javascript - exnim.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Artikel Disarankan

Statistik

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Text Back Links Exchanges
Flag Counter

Copyright © 2012. Panduan Top - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz